RANCANG BANGUN APLIKASI PERMAINAN (GAMES) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN SENI DAN BUDAYA BANJAR

Sutan Takdir Alam, Radityo Adi Nugroho, Irwan Budiman

Abstract


Kurangnya pengenalan seni dan budaya Banjar pada saat ini merupakan penyebab utama kurangnya pengetahuan anak tentang seni dan budaya Banjar. Proses penyampaian informasi dengan cara penyampaian lisan juga mempengaruhi minat anak untuk belajar. Penggunaan media permainan dan pembelajaran dalam penyampaian informasi dapat menambah minat anak untuk belajar dan meningkatkan hasil belajar seni dan budaya Banjar pada anak. Aplikasi yang dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman flash dan mengangkat materi seni dan budaya Banjar pada mata pelajaran SBK kelas VII SMP IT – ANIC. Pengujian untuk mengetahui apakah aplikasi berhasil memberikan pengaruh pada nilai anak dilakukan pada murid kelas VII di SMP IT – ANIC. Setelah didapatkan nilai – nilai yang diperlukan, maka nilai tersebut dihitung menggunakan metode statistika t-test. Hasil perhitungan dengan menggunakan t-test menunjukkan bahwa aplikasi permainan dan pembelajaran yang dibuat, berhasil dalam memberikan pengaruh positif pada pengetahuan seni dan budaya Banjar murid dan meningkatkan nilai mata pelajaran SBK pada murid yang menjadi sampel uji dalam penelitian.

Full Text:

PDF

References


Alam, Sutan Takdir. 2014. Aplikasi Permainan dan Pembelajaran Seni dan Budaya Banjar 'Petualangan Si Palui'. Universitas Lambung Mangkurat, Banjarbaru.

Fauzi, Ahmad. 2013. Aplikasi Media Pembelajaran Interaktif Biologi kelas VII. Universitas Lambung Mangkurat, Banjarbaru.

Hernita. 2012.Beragam Desain Game Edukasi dengan Adobe Flash CS5. Yogyakarta: Andi.

Hidayat, Syarif. 2012, Pengembangan Aplikasi Game Edukasi Buku Petualangan Si Abah Berbasis Multimedia.

Kurniawan, Yahya. 2005. Kiat Praktis Menguasai Actionscript 2.0 Flash MX. Yogyakarta: PT. Elex Media Computindo.

Mahanani. 2012. Evaluasi Penilaian Hasil Belajar.[online] Available at: http://www.m-edukasi.web.id/2012/05/ evaluasi-penilaian-hasil-belajar.html [accessed 10 Februari 2014]

Radion, Kristo .2012. Easy Game Programminng Using Flash and Actionscript 3.0. Yogyakarta: Andi

Rahman.Taufik. 2006. Tanah Banjar : Intelektualisme Tak Pernah Mati. Banjarmasin : Penakita

Riwidikdo, Handoko.2007. Statistik Kesehatan: Belajar Mudah Teknik Analisis Data Dalam Penelitian Kesehatan (Plus Aplikasi Software SPSS).Mitra Cendekia Press.

Slameto. 1991. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/klik.v1i1.13

Copyright (c) 2016 KLIK - JURNAL ILMIAH ILMU KOMPUTER



Terindeks Oleh :

  
 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.joomla
counter View My Stats