VIRTUAL TOUR 3D SITUS PURBAKALA PUGUNG RAHARJO LAMPUNG TIMUR

Puput Budi Wintoro, Irwan Irmawan, Deny Budiyanto, Rio Ariestia Pradipta

Abstract


Pugung Raharjo archaeological site is the historical tourist destination located in East Lampung. This site keeps the Hinduism-Buddhism civilization which is considered to be the cultural heritage. The rapid development of technology nowadays raises the new digital technology as a media for tourism promotion so that a promotional media through the android-based virtual tour technology must be built. The android-based virtual tour is the proper media to promote Pugung Raharjo archaeological site so that the public recognizes the locations and the historical objects of the site. The feature on this android-based virtual tour is in the 3-dimensional definition. In this research, the MDLC (Multimedia Development Life Cycle) method was necessarily used. The MDLC method was implemented by obtaining the materials, designing the application, creating the application, and distributing the application to the public through a playstore that was able to be downloaded freely. The result of this research showed that this android-based virtual tour was used by the public as a guideline for recognizing the Pugung Raharjo archaeological site.

Keywords: Promotion Media, Virtual Tour, 3D, MDLC, Android 

Situs Purbakala Pugung Raharjo merupakan destinasi wisata sejarah yang berada di Kabupaten Lampung Timur. Situs ini tersimpan jejak peradaban hindu budha yang sekarang berstatus cagar budaya. Perkembangan zaman yang sangat pesat pada saat ini, telah banyak penggunaan teknologi digital sebagai media promosi wisata. Untuk mempromosikan situs purbakala Pugung Raharjo Lampung Timur kepada masyarakat dalam bentuk digital maka dibuatlah sebuah media promosi dengan teknologi virtual tour berbasis android. Aplikasi virtual tour Situs Purbakala Pugung Raharjo ini digunakan untuk memudahkan masyarakat mengetahui dan mengenal lokasi serta benda-benda bersejarah yang ada di situs purbakala Pugung Raharjo secara virtual 3 dimensi. Pada Penelitian ini menggunakan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle). Metode MDLC ini dimulai dengan mengumpulkan bahan, kemudian membuat sebuah desain dan membuat sebuah aplikasi berdasarkan desain yang telah dibuat sebelumnya. Proses terakhir pembuatan aplikasi ini yaitu distribusi kepada masyarakat melalui playstore yang dapat diunduh secara gratis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi virtual tour ini dapat digunakan sebagai pedoman masyarakat untuk mengetahui serta mengenal situs purbakala Pugung Raharjo.

Kata kunci : Media promosi, Virtual tour, 3D, MDLC, Android


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbbanten/situs-taman-purbakala-pugung-raharjo-dari-tinggalan-pra-sejarah-sampai-hindu-budha/

(Diakses pada tanggal 11 Juni 2020)

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary, (2014), Principles of Marketin, 12th Edition, Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran Jakarta : Erlangga.

Colasante, Meg. Nicola Building Virtual Tour; Considering simulation in the equity of experience concept. 2011.

Yulianto, Nanang 2012, Pembuatan Game 3 Dimensi Lost In Jungle dengan Menggunakan Unity 3D Game Engine, Diakses 27 Oktober 2014,

Darmawan, Djoko. 2009. Google SketchUp Mudah dan Cepat Menggambar 3 Dimensi. Yogyakarta: ANDI.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/klik.v7i2.318

Copyright (c) 2020 KLIK - KUMPULAN JURNAL ILMU KOMPUTER

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by:

  
 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.joomla
counter View My Stats