PENENTUAN ANGGOTA ASRAMA DENGAN ITERATIVE DICHOMOTISER THREE
Abstract
Keywords: Members of the boarding, Iterative Dichomotiser Three, Entropy, lnformation Gain, Decision Tree
Penentuan anggota asrama dilakukan melalui penilaian kriteria-kriteria untuk menentukan status anggota asrama. Penentuan ini biasanya melalui musyawarah antar anggota sesuai hati nurani masing-masing. Oleh karena itu, penentuan anggota asrama dilakukan menggunakan Iterative Dichomotiser Three dengan menampilkan root kriteria sehingga menjadi acuan node dalam penilaian anggota asrama. Penentuan anggota asrama dengan Iterative Dichomotiser Three menghasilkan nilai entropy yaitu 0,89357112 dan nilai information gain dari 9 kriteria penilaian anggota asrama yaitu (Dapur 0,121596288; Aula 0,091945213; Kamar Mandi 0,114734253; Ruang Tamu 0,159141033; Teras 0,271219296; Tata Krama 0,228396102; Keagamaan 0,217768967; Kepekaan 0,339842104; dan Uang Pangkal 0). Hasil perhitungan information gain menghasilkan pohon keputusan dengan node-node kriteria tiap cabangnya. Berdasarkan hasil bahwa Kepekaan menjadi root dan Uang Pangkal menjadi pangkal pohon keputusan dengan mengacu pada nilai information gain. Hasilnya juga menampilkan laporan prediksi penentuan anggota asrama dengan Iterative Dichomotiser Three.
Kata kunci : Anggota asrama, Iterative Dichomotiser Three, Entropy, lnformation Gain, Pohon Keputusan
Full Text:
PDFReferences
Hasan, Muhammad. “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Anggota Asrama Mahasiswa/i Dengan Algoritma Iterative Dichomotiser Threeâ€, Skripsi Program Studi Ilmu Komputer, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarbaru, 2015.
Clark, Peter, dan Niblett, Tim. 1989. “The CN2 Induction Algorithm, Machine Learning 261-283â€. Netherlands: Kluwer Academic Publisher.
Kusrini & Luthfi, E. T. 2009. “Algoritma Data Miningâ€. Yogyakarta: Andi Publishing.
Munawaroh, Holisatul, dkk. Juni, 2013. “Perbandingan Algoritma ID3 Dan C5.0 Dalam Identifikasi Penjurusan Siswa SMAâ€, Vol. 1, No. 1, pp. 1-12, Jurnal Sarjana Teknik Informatika.
Nugroho, Fanuel, Kristanto, Harianto & Oslano, Yetli. 2007. “Validitas Suatu Alamat Menggunakan Decision Three Dengan Algoritma ID3â€, Jurnal Informatika 3:2.
Suyanto, 2007. “Artificial Intelligence (Searching, Reasoning, Planning dan Learning)â€. Bandung: Informatika
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/klik.v3i1.33
Copyright (c) 2016 KLIK - JURNAL ILMIAH ILMU KOMPUTER
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats