ALGORITMA BOIDS DAN LOGIKA FUZZY PADA PERGERAKAN DAN PERILAKU NON PLAYER CHARACTERS PERMAINAN BORNEO MISSION
Abstract
Keywords : First person shooter, boids algorithm, fuzzy logic, 3D game, unity 3D
Non Player Characters (NPC) merupakan bagian penting di dalam sebuah permainan komputer. Pemilihan aksi yang independen mampu membuat permainan menjadi lebih menarik. Penelitian ini bertujuan membangun game first person shooter3D berjudul “Borneo Mission†dimana pergerakan dan perilaku non player characters dengan menerapkan algoritma boids logika fuzzy pada NPC. Game tersebut dibangun menggunakan Unity 3D. Hasil yang diperoleh, Pergerakan drone tanpa algoritma boids hanya terbang berputar secara sendiri pada pos yang telah ditentukan, adapun dengan algoritma boids drone dapat terbang secara berkelompok dengan mempertimbangan separation, cohesion, dan alignment dengan drone lain. Perilaku drone tanpa logika fuzzy hanya mempertimbangkan jarak pemain dengan drone, jika kurang dari sama dengan 60 maka drone akan menyerang. Adapun dengan logika fuzzy, drone dapat memutuskan menyerang, menghindar, atau menyelamatkan transciever. Penerapan algoritma boids dan logika fuzzy tersebut dapat meningkatkan kompleksitas, daya tarik permainan, dan keinginan untuk bermain kembali.
Kata kunci : First person shooter, algoritma boids, logika fuzzy, game 3D, unity 3D.
Full Text:
PDFReferences
Hidayah Nur. 2015. “Pergerakan dan Perilaku Non Player Characters pada Permainan First Person Shooter dengan Algoritma Boids dan Logika Fuzzyâ€. Banjarbaru
Hermawan Latius dan Astrid Novita Putri. 2014. “Penerapan Algoritma Fuzzy Mamdani untuk Mengatur Game Scoring pada Game Helitapâ€. 1-8.
Putri Astrid Novita, dkk. 2014. “Game Scoring Non Player Character dengan menggunakan Agen Cerdas Berbasis Fuzzy Mamdani Gamesâ€. 1-8.
Reynolds, C. W. 1987. “Flocks, Herds, and Schools: A Distributed Behavioral Modelâ€. Proceeding of SIGGRAPH ’87. 1987.
Reynolds, C. W. 1999. “Steering Behaviors For Autonomous Charactersâ€. Proceedings of Game Developers Conference. California. 763-782.
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/klik.v3i1.36
Copyright (c) 2016 KLIK - JURNAL ILMIAH ILMU KOMPUTER
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats