PENERAPAN METODE FUZZY C-COVERING UNTUK ANALISIS POLA PEMBELIAN PADA MINIMARKET

Nita Arianty, Oni Soesanto, Fatma Indriani

Abstract


Data mining is one of the science of artificial intelligence (artificial intelligence) as a series of processes to explore the added value of a data set of knowledge that had been unknown manually. One maining in the search process of data analysis at the Mini market buying patterns can apply Fuzzy C-Covering method. In the application of data mining techniques Fuzzy C-Covering method to seek support value and confidence value. Support value used to indicate the extent of the dominance of an item for item sets of the overall transaction, the confidence value is used to determine the rule anywhere that is interesting rule or a measure that shows the relationship between the two items are conditional. Fuzzy C-Covering used to classify the elements of a set of universal ie, whole product items on minimarket into partitions are more focused and detailed by product type items that exist because of the Fuzzy C-covering is applied in order to overcome the obstacles that have been occur in the market basket in the search for relationships between items.

Keywords: Fuzzy C-covering, Data Mining

Data mining merupakan salah satu ilmu dari kecerdasan buatan (artificial intelligence) sebagai serangkaian proses untuk menggali nilai tambah dari suatu kumpulan data berupa pengetahuan yang selama ini tidak diketahui secara manual. Salah satu proses data maining dalam pencarian analisis pola pembelian pada Minimarket dapat menerapkan Metode Fuzzy C-Covering. Pada teknik data mining penerapan metode Fuzzy C-Covering untuk mencari nilai support dan nilai confidence. Nilai support digunakan untuk menunjukan seberapa besar tingkat dominasi suatu item untuk item set dari keseluruhan transaksi, nilai confidence dipakai untuk menentukan rule mana saja yang merupakan interesting rule atau suatu ukuran yang menunjukan hubungan antar 2 item secara conditional. Metode Fuzzy C-Covering digunakan untuk mengklasifikasikan elemen-elemen dari suatu himpunan universal yakni kesulurahan produk item pada minimarketmenjadi partisi-partisi yang lebih fokus dan detail berdasarkan jenis produk item yang ada karena itu Fuzzy C-covering diterapkan agar dapat mengatasi hambatan yang selama ini terjadi pada proses market basket didalam mencari hubungan antar item.

Kata kunci: Fuzzy C-covering, Data Mining.

Full Text:

PDF

References


Nita Arianty, “Aplikasi Metode Fuzzy C-Covering untuk Analisis Pola Pembelian Konsumen Pada Minimarket XYZ Banjarbaru†Skripsi Program Studi Ilmu Komputer, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarbaru, 2016.

Albion Research Ltd. (2007). Market Basket Analysis,

http://www.albionresearch.com/data_mining/market_basket.php

(diakses Desember 2015)

Budhi, G. S., Resmana L., dan Osmand P. 2005. Penggunaan Metode Fuzzy c-Covering untuk Analisa Market Basket pada Supermarket. 6(1).http://petra.ac.id

Grinffin Hansen. 2009. Perancangan Program Optimasi Penempatan Barang dengan Metode Fuzzy C-covering.

Helm L. 2007. Fuzzy Association Rules. An Implementation in R Tesis, Vienna University, Vienna.

Herlinnairine, 2014. Entity Relationsship Diagram ERD dan Contoh Kasus

https://herlinnairine.wordpress.com/2014/02/06/entity-relationship-diagram-erd-dan-contoh-kasus/

(diakses Desember 2015)

Intan, Rolly; Mukaidono, Masao; A Proposal of Fuzzy Thesaurus Generated by Fuzzy Covering. IEEE. 2003: p. 167-172

Kusrini dan Emha T. L. 2009. Algoritma Data Mining.

Yogyakarta: Penerbit Andi.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/klik.v3i1.38

Copyright (c) 2016 KLIK - JURNAL ILMIAH ILMU KOMPUTER



Indexed by:

  
 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.joomla
counter View My Stats