Pengembangan Service Master Pada Aplikasi SiakadCloud (Studi Kasus PT. SEVIMA)

Aulia Ahmad Nabil, Didik Kurniawan, Astria Hijriani, Dwi Sakethi

Abstract


SiakadCloud adalah produk utama SEVIMA sebagai solusi manajemen akademik terintegrasi terlengkap, aman dan terbukti efektif dalam memfasilitasi manajemen pendidikan tinggi dan pelaporan PDDIKTI. SiakadCloud saat ini sedang dimigrasikan ke arsitektur microservice. Arsitektur microservice membuat aplikasi SiakadCloud harus dibagi menjadi bagian-bagian kecil. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah layanan yang dapat digunakan untuk mengelola data master pada aplikasi SiakadCloud. Layanan ini disebut layanan master. Pengembangan dalam penelitian ini menggunakan metode waterfall. Pengembangan layanan dilakukan dengan menggunakan Framework Lumen. Penelitian ini menghasilkan sebuah layanan yang dapat mengelola data master untuk digunakan dan menjadi standar untuk pengembangan layanan lainnya.


Keywords: API; Lumen; Microservice; PHPUnit; Swagger.


Full Text:

PDF

References


. Haviluddin, A. T. Haryono and D. Rahmawati, Aplikasi Program PHP dan MySQL, Kalimantan Timur: Mulawarman University Press, 2016.

. F. Surahman, S. H. A. Ikhsan and F. S. F. Kusumah, "Rancang Bangun Web Service untuk Transaksi Data pada Aplikasi Jasa dengan Metode REST," in Seminar Nasional Teknik Informatika, Bogor, 2018.

. S. Munawaroh, "Mengeksplorasi Database PostgreSQL dengan PgAdmin III," Jurnal Teknologi Informatika DINAMIK , vol. X, no. 2, pp. 103-107, 2005.

. R. Pressman and B. Maxim, Software Engineering: A Practitioner's Approach 9th Edition, Kybernates, 2020.

. W. N. Cholifah, Yulianingsih and S. M. Sagita, "Pengujian Black box testing pada Aplikasi Action & Strategy Berbasis Android dengan Teknologi Phonegap," Jurnal String, vol. 3, no. 2, pp. 206-210, 2018.

. M. A. K. Perdana, "Pengembangan REST API Layanan Penyimpangan menggunakan Metode Rapid Application Development," Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan, vol. 3, no. 1, pp. 100-104, 2018.

. B. A. Pranata, A. Hijriani and A. Junaidi, "Perancangan Application Programming Interface (API) Berbasis WEB Menggunakan Gaya Arsitektur Representational State Transfer (REST) untuk Pengembangan Sistem Informasi Administrasi Pasien Klinik Perawatan Kulit," Jurnal Komputasi, vol. 6, no. 1, pp. 33-42, 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/klik.v10i2.549

Copyright (c) 2023 KLIK - KUMPULAN JURNAL ILMU KOMPUTER

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by:

  
 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.joomla
counter View My Stats