Implementasi Metode Design Thinking Untuk Perancangan UI/UX Aplikasi Manajemen Surat Pada Bengkel Pusat Zeni TNI AD

Siti Ernawati, Raden Mirza Kurnia Fatoni

Abstract


Bengkel Pusat Zeni TNI AD merupakan salah satu instansi yang masih melakukan kegiatan surat-menyurat dan pengarsipannya secara manual dengan menggunakan buku arsip. Kegiatan tersebut memiliki kelemahan diantaranya: data tidak dapat tersimpan dengan baik karena surat mudah sobek, buku agenda yang dipakai mudah rusak. Untuk mengatasi permasalahan yang ada dibutuhkan solusi aplikasi manajemen surat berbasis website yang menawarkan kemudahan bagi Bengkel Pusat Zeni TNI AD salah satunya adalah efisiensi waktu. Design thinking merupakan metode untuk menganalisis kebutuhan pengguna dalam menghasilkan desain interaktif antarmuka aplikasi. Metode ini memberikan pendekatan berbasis solusi untuk memecahkan masalah. Design thinking dapat membantu kita mengajukan pertanyaan, hipotesis dan relevansi karena sangat berguna dalam mendefinisikan ulang masalah dengan pusat manusia, menciptakan banyak ide dalam brainstorming, menggunakan prototipe dan pengujian langsung. Setelah dilakukan uji coba prototype, kemudian melihat hasil user experience dan user interface rancangan aplikasi manajemen surat Bengkel Pusat Zeni TNI AD pada set data benchmark untuk 2 skala (daya tarik dan efisiensi) mencapai kategori good, dan 4 skala lainnya (kejelasan, ketepatan, stimulasi, kebaruan) mendapatkan hasil kategori excellent (luar biasa). Dapat diartikan bahwa rancangan aplikasi manajemen surat Bengkel Pusat Zeni TNI AD memiliki tampilan desain yang baik serta mampu menyediakan fungsi dan kemampuan yang diperlukan oleh pengguna untuk mencapai tujuannya.


Full Text:

PDF

References


A. K. Nadhif, D. T. W, M. F. Hussein, and I. S. Widiati, “Perancangan UI / UX Aplikasi Penjualan Dengan Pendekatan Design Thinking,” Jurnal IT CIDA, vol. 7, no. 1, pp. 44–55, 2021.

F. Masykur and I. M. P. Atmaja, “Sistem Administrasi Pengelolaan Arsip Surat Masuk Dan Surat Keluar Berbasis Web,” IJNS – Indonesian Journal on Networking and Security, vol. 4, no. 3, 2015.

M. Fathurrahman, “PENTINGNYA ARSIP SEBAGAI SUMBER INFORMASI,” JIPI (Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi), vol. 3, no. 2, 2018.

S. Mahmudah, L. Widiastuti, and S. Ernawati, “Sistem Informasi Manajemen Pengarsipan Surat Masuk Dan Surat Keluar (Studi Kasus : Ma Darul Ihya Bogor),” Jurnal Media Informatika Budidarma, vol. 3, no. 3, pp. 225–231, 2019.

Saifudin and A. Y. Setiaji, “SISTEM INFORMASI ARSIP SURAT (SINAU) BERBASIS WEB PADA KANTOR DESA KARANGSALAM KECAMATAN BATURRADEN,” Evolusi: Jurnal Sains dan Manajemen, vol. 7, no. 2, 2019.

F. Feri, Suaidah, and F. Ulum, “PERANCANGAN APLIKASI PEMILIHAN KEPALA DESA DENGAN METODE UX DESIGN THINKING (STUDI KASUS: KAMPUNG KURIPAN),” Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI), vol. 2, no. 2, 2021.

M. Azmi, A. P. Kharisma, and M. A. Akbar, “Evaluasi User Experience Aplikasi Mobile Pemesanan Makanan Online dengan Metode Design Thinking (Studi Kasus GrabFood),” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 8, 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/klik.v11i1.617

Copyright (c) 2024 KLIK - KUMPULAN JURNAL ILMU KOMPUTER

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by:

  
 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.joomla
counter View My Stats