MODEL SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN KELAYAKAN KREDIT SEPEDA MOTOR DI PT X FINANCE

Yahfizham Yahfizham

Abstract


Para menejer membuat banyak keputusan untuk mengatasi masalah, masalah semi terstruktur berada antara masalah terstruktur dan tidak terstruktur, yang memiliki beberapa elemen terstruktur dan tidak terstruktur. Penting bagi menejer untuk dapat membedakan antara masalah dan gejala. Tidak tersedianya aplikasi sistem pendukung keputusan untuk menyeleksi para pemohon yang berhak mendapatkan kredit menjadi hal yang harus dipertimbangkan. Penggunaan metode linear programming dengan memberikan skor atau pembobotan kelayakan pemohon berdasarkan kriteria-kriteria yang akan ditentukan sendiri oleh lembaga pembiayaan mungkin dapat dipakai oleh para menejer. Hasil perhitungan model summary yang layak untuk menerima permohonan kredit > dari skor/bobot sebesar 17 poin dengan demikian bahwa model sistem pendukung keputusan yang dirancang mampu memberikan solusi yang tepat terhadap keputusan yang semi terstruktur.

Kata kunci : Sistem Pendukung Keputusan dan Linear Programming.

Full Text:

PDF

References


. DeMarco, Tom, Structured Anaysis and System Spesification, Prentice Hall, Inc. New Jersey, 1978

. Fitzgerald, J. and A. Fitzgerald, Fundamental of System Analysis, John Wiley, New York, 1973.

. Marek J. Druzdzel. ESP: A mixed initiative decision-theoretic decision modeling system. In Working Notes of the AAAI{99 Workshop on Mixed-initiative Intelligence, pages 99}106, Orlando, FL, 18 July 1999.

. Pressman, Roger, S. “Software Enginering (A Practitioner’s Approach)â€, 5th Ed., Prentice-Hall International, Inc. 2001.

. Turban, E. Decicion Support System And Expert System, Prentice Hall International, United State. 1995.

http://hadylie-stiebuddhi.vv.si/wp-content/uploads/2013/05/Bab-8.-Pembiayaan-Konsumen-Consumer-Financing.doc. Diakses tanggal 12-07-2014




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/klik.v1i1.9

Copyright (c) 2016 KLIK - JURNAL ILMIAH ILMU KOMPUTER



Indexed by:

  
 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.joomla
counter View My Stats