ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS DAN FUZZY TOPSIS PADA SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PROMOSI JABATAN PADA PT.BANDAR MADANI 165

Andi Supriadi Chan

Abstract


Human resources in the current era of globalization is very important for every company, it is the result of economic and industrial actors must be able to compete to survive the development of an increasingly advanced era. This human resources are useful to support their damaged company is an important asset owned by the Company Can develop well to achieve the desired goals, to determine whether the human resources owned by a company is good or not, it is necessary to do an assessment or modeling is effective and good to determine the employees of the company is given promotion of position, Which is given can be done well and in accordance with the capabilities they have. In PT.Bandar madani 165 in batam city engaged in the travel agency, this company has many branches and partnerships that have hundreds and spread throughout Indonesia, so that PT. Bandar Madani 165 can develop progressively and can compete with its competitor hence needed a method or modeling using hierarchy analytical process and Fuzzy Topsis which used by company to conduct appraisal to employees for promotion position, so that position will be given to the best employee, not to employees Yang Have a certain proximity or relationship with the boss, modeling using the process of hierarchy analytical and Fuzzy Topsis is to draw judgment on employees who are atenci.sehingga position that has been touched by employees who are given promotion can be run well so that PT.Bandar Madani 165 companies can be more Go ahead and compete with other competitors 

Keywords: AHP,topsis,fuzzy,promote,DSS 

Sumber daya manusia pada era globalisasi saat ini sangat penting bagi setiap perusahaan, hal itu dikarenakan pelaku ekonomi maupun industry harus dapat bersaing untuk bisa bertahan dari perkembangan zaman yang semakin maju.sumber daya manusia ini berguna untuk mendukung perusahaan dikarenakan mereka adalah asset penting yang dimiliki supaya perusahaan tersebut dapat berkembang dengan baik untuk mencapai tujuan yang diinginkan, untuk menentukan apakah sumber daya manusia yang dimiliki oleh sebuah perusahaan tersebut sudah baik atau belum , maka perlu dilakukan suatu penilaian atau permodelan yang efektif dan baik untuk menentukan karyawan pada perusahaan tersebut diberikan promosi jabatan, agar jabatan yang diberikan dapat dikerjakan dengan baik dan sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya.pada PT.Bandar madani 165 yang ada di kota batam bergerak di bidang travel agensi,perusahaan ini memiliki banyak cabang dan kemitraan yang berjumlah ratusan dan tersebar di seluruh Indonesia, agar PT.Bandar Madani 165 dapat berkembang semakin maju dan dapat bersaing dengan kompetitornya maka diperlukan suatu metode atau permodelan menggunakan analytical hierarcy process dan Fuzzy Topsis yang digunakan perusahaan untuk melakukan penilaian terhadap karyawan untuk promosi jabatan, sehingga jabatan yang nantinya akan diberikan kepada karyawan terbaik, bukan kepada karyawan yang memiliki kedekatan ataupun hubungan tertentu kepada atasan, permodelan menggunakan analytical hierarcy process dan Fuzzy Topsis ini untuk menghindari penilaian pada karyawan yang bersikap subjektif dari atasan.sehingga nantinya posisi yang diisi oleh karyawan yang diberikan promosi jabatan dapat dijalankan dengan baik sehingga perusahaan PT.Bandar Madani 165 dapat lebih maju dan bersaing dengan competitor lain

Kata kunci: AHP, topsis, fuzzy, promosi, SPK 


Full Text:

PDF

References


Khoiriah, “Sistem Pendukung Keputusan untuk Penilaian Kinerja Dosen Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP),” J. Sist. Inf., vol. 1, no. 1, 2013.

I. H. Firdaus et al., “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Karyawan Terbaik,” Sist. Pendukung Keputusan Penentuan Karyawan Terbaik Menggunakan Metod. Ahp Dan Topsis, vol. 2016, no. Sentika, pp. 18–19, 2016.

“EJIS_May-August_2015_Volume2_Nr.1.”

Hesti Suprihatiningrum, Tri Bodroastuti, “Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Kerja ( Studi Pada Karyawan Kantor Kementrian Agama Provinsi Jawa Tengah ),” pp. 1–23, 2013.

S. H. Chang and H. E. Tseng, “Fuzzy topsis decision method for configuration management,” Int. J. Ind. Eng. Theory Appl. Pract., 2008.

K. A. B. A. Singkil, “Sistem Pendukung Keputusan Pengangkatan Karyawan Tetap Dengan Metode Analytic Hierarchy Process ( Ahp ) Pada Pt . Perkebunan Lembah Bhakti Propinsi Nad,” no. April, pp. 96–106, 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/klik.v5i1.94

Copyright (c) 2018 KLIK - KUMPULAN JURNAL ILMU KOMPUTER

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by:

  
 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.joomla
counter View My Stats