PERANCANGAN STRATEGI PELAYANAN BERBASIS PENGETAHUAN PADA KANTOR NOTARIS
Abstract
The design of the strategy is facilitated with the service of certificate making that could be used as a media in knowledge share, became a knowledge management portal at the service department, so it would grow knowledge share culture (Knowledge Sharing) among the employees and the optimal service to the clients.
The system development method used in the study was Knowledge Management Roadmap method with these phases: business modeling, use-case modeling, analysis, design, and implementation. This method resulted in a strategy design for the service department to make certificates. Furthermore, the notary office would have a knowledge share media.
Key words : Knowledge Management, Knowledge Sharing, Knowledge Management Roadmap
Penelitian menghasilkan rancangan strategi untuk pelayanan pembuatan akta pada kantor Notaris, study kasus pada kantor Notaris Theresia Dwi Wijayanti, SH. Mekanisme dan alur kerja/prinsip pelayanan pembuatan akta masih berupa instruksi kerja, yang dipahami oleh beberapa pegawai saja, dan sering menjadi pertanyaan berulang pada bagian pelayanan serta menjadi kendala pada saat pegawai izin tidak masuk kerja. Karena mekanisme dan alur kerja/prinsip pelayanan belum jelas dan belum adanya media untuk pelayanan pembuatan akta otentik, mekanisme dan alur kerja/prinsip pelayanan dalam pembuatan akta pada kantor Notaris.
Rancangan strategi ini difasilitasi dengan aplikasi pelayanan pembuatan akta yang dapat digunakan sebagai media dalam berbagi pengetahuan, menjadi portal Knowledge Manajement pada bagian pelayanan, sehingga menumbuhkan budaya penyebaran pengetahuan (Knowledge Sharing) diantara pegawai dan pelayanan optimal kepada klien.
Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah Knowledge Management Roadmap dengan tahapan pemodelan bisnis, pemodelan use case, analisis, perancangan, dan implementasi. Dengan metode Knowledge Manajement Roadmap menghasilkan rancangan strategi untuk bagian pelayanan pembuatan akta dan kantor Notaris memiliki sebuah media berbagi pengetahuan.
Kata kunci: Manajemen Pengetahuan, Knowledge Sharing, Knowledge Manajement Roadmap.
Full Text:
PDFReferences
Nugroho, A., Rational Rose: Pemodelan berorientasi objek, Penerbit Informatika, Bandung, 2008.
Tan, Robby, Perancangan Model Manajemen Pengetahuan Menggunakan Model Nonaka Takeuchi (Studi Kasus Administrasi Akademik), Jurnal Informatika Vol 6 No.1. Juni 2010, Bandung, 2010.
Turban, E., Aroson, E. J., & Liang, P. T., Decision Support System And Intelligent Systems (Sistem Pendukung Keputusan Dan Sistem Cerdas) jilid 1, Edisi 7, Penerbit ANDI, Yogyakarta, 2005
Setiarso, B., Harjanto, N., Triyono., & Subagyo, H., Penerapan Knowledge Management Pada Organiasasi, Penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta, 2009.
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/klik.v3i2.44
Copyright (c) 2016 KLIK - KUMPULAN JURNAL ILMU KOMPUTER
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats