APLIKASI MODUL DIGITAL BERBASIS WEB RESPONSIVE PADA STIK BINA HUSADA

Tri Risqi Ariantoro, Arief Pamuji, Imam Solikin

Abstract


Bina Husada College of Health is a private university in Palembang. The media used for lectures or teaching and learning still use modules or books (print media), and when in the classroom media are used projectors, blackboards. The problem that arises from this is that students will miss the material if students are unable to attend, when using a print module students must study in certain places to repeat the material even students are lazy to bring printed books. The solution that can be used to overcome these problems is to develop media that are used for teaching and learning process, namely digital media (digital modules). Digital modules are modules that are presented in electronic format. This research develops information technology in the form of responsive web-based digital modules to improve student learning at STIK Bina Husada Palembang. The purpose of this development is expected to help students who miss the material, making it easier for students in the learning process, because digital modules can be accessed and studied wherever the place is online using a smartphone. The digital module is a full digital module from the first meeting material to the final meeting. The application development method used is a linear sequential model with several stages, namely analysis, design, coding, testing, and support, while the data collection techniques used are observation, interview and documentation. The results of this research are in the form of responsive web-based digital module application at STIK Bina Husada Palembang.

Keywords: application, digital module, responsive web, linear sequential model 

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIK) Bina Husada merupakan Perguruan Tinggi (PT) swasta yang ada kota palembang. Media yang digunakan untuk perkuliahan atau belajar mengajar masih menggunakan modul atau buku (media cetak), dan ketika di dalam kelas media yang digunakan proyektor, papan tulis. Permasalahan yang ditimbulkan dari hal tersebut adalah mahasiswa akan ketinggalan materi apabila mahasiswa berhalangan hadir, apabila menggunakan modul cetak mahasiswa harus belajaran ditempat tertentu untuk mengulang materi bahkan mahasiswa cedrung malas membawak buku cetak. Adapun solusi yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan melakukan pengembangan media yang digunakan untuk proses belajar mengajar yaitu media digital (modul digital). Modul digital merupakan modul yang disajikan dalam format elektronik. Penelitian ini mengembangakan teknologi informasi berupa modul digital berbasis web responsive untuk meningkatkan belajar mahasiswa STIK Bina Husada Palembang. Tujuan dari pengembangan ini diharapkan untuk membantu belajaran mahasiswa yang ketinggalan materi, mempermudah mahasiswa dalam proses belajar, karena modul digital dapat diakses dan dipelajarin dimanapun tempatnya secara online menggunakan smartphone. Modul digital tersebut merupakan modul digital full dari materi pertemuan pertama sampai pertemuan akhir. Metode pengembangan aplikasi yang digunakan yaitu linier sequential model dengan beberapa tahapan yaitu analysis, design, coding, testing, dan support, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian tersebut berupa aplikasi modul digital berbasis web responsive pada STIK Bina Husada Palembang.

Kata kunci: aplikasi, modul digital, web responsive, linier sequential model


Full Text:

PDF

References


I. Solikin, “Implementasi E-Modul pada Program Studi Manajemen Informatika Universitas Bina Darma Berbasis Web Mobile,” J. RESTI (Rekayasa Sist. dan Teknol. Informasi), vol. 2, no. 2, pp. 492–497, 2018.

B. K. Williams, S. E. Hutchinson, and S. C. Sawyer, Using information technology: A practical introduction to computers and communications. McGraw-Hill Higher Education, 2001.

N. Hasyim, I. R. Mutiaz, and A. Sachari, “PERANCANGAN DESAIN APLIKASI BUKU DIGITAL (E-BOOK) DENGAN OBJEK MASJID AGUNG DEMAK,” Techno. Com, vol. 13, no. 3, pp. 158–167, 2014.

P. W. A. Suyasa, D. G. H. Divayana, and A. Adiarta, “Pemberdayaan teknologi open source dalam pembuatan modul digital bagi para dosen di lingkungan stikes buleleng,” WIDYA LAKSANA, vol. 6, no. 2, pp. 120–129, 2017.

I. Solikin and D. Komalasari, “Aplikasi Bahan Ajar Digital pada Sekolah MA. Miftahul Huda Tugu Agung Kab. OKI,” J. Media Inform. dan Komput., vol. 8, no. 1, pp. 63–69, 2017.

F. Purwaningtias, P. Fitri, and I. Solikin, “Penerapan aplikasi e-book school pada smk emhata Kabupaten ogan komering ilir berbasis web,” J. Sist. Informasi, Teknol. Inform. dan Komput., vol. 8, no. 1, pp. 21–30, 2017.

I. Solikin, “PENGEMBANGAN FITUR NOTIFIKASI E-MODUL PADA PROGRAM STUDI MANAJEMEN INFORMATIKA,” Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., vol. 10, no. 1, pp. 189–196, 2019.

T. Ramadhan and V. G. Utomo, “Rancang Bangun Aplikasi Mobile untuk notifikasi Jadwal Kuliah Berbasis Android (Studi Kasus STMIK Provisi Semarang),” J. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 5, no. 2, pp. 868–2087, 2014.

P. D. Sugiyono, “Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D,” Bandung Alf., 2008.

M. P. K. Sugiyono, “Cara Mudah Menyusun: Skripsi.” Tesis dan Disertasi, Bandung: Alfabeta, 2014.

H. Hasanah, “TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial),” At-Taqaddum, vol. 8, no. 1, pp. 21–46, 2017.

H. Herdiansyah, “Wawancara, observasi, dan focus groups: Sebagai instrumen penggalian data kualitatif,” Jakarta PT. Raja Graf. Persada, 2013.

I. Gunawan, “Metode penelitian kualitatif,” Jakarta Bumi Aksara, 2013.

R. S. Pressman, “Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi (Buku Satu),” Yogyakarta Andi, 2002.

K. Bittner, Use case modeling. Addison-Wesley Longman Publishing Co., Inc., 2002.

M. Muslihudin, Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Menggunakan Model Terstruktur Dan UML. Penerbit Andi, 2016.

S. Hanum, “PEMANFAATAN APLIKASI PENGGAMBAR DIAGRAM ALIR (FLOWCHART) SEBAGAI BAHANAJAR UNTUK MATA KULIAH SISTEM AKUNTANSI DI FAKULTAS EKONOMI PADA PERGURUAN TINGGI SWASTA DI KOTA MEDAN,” KITABAH J. Akunt. dan Keuang. Syariah, vol. 1, no. 1, 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/klik.v6i3.270

Copyright (c) 2019 KLIK - KUMPULAN JURNAL ILMU KOMPUTER

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by:

  
 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.joomla
counter View My Stats