IMPLEMENTASI METODE WEBQUAL DAN CUSTOMER SATISFACTION INDEX UNTUK MENGEVALUASI WEBSITE PERGURUAN TINGGI NEGERI DI BANDAR LAMPUNG
Abstract
This study provides an overview of the quality of six state University website services in Bandar Lampung which refered to three dimensions, website usability, information quality, and interaction quality website. This study also used the Customer Satisfaction Index (CSI) method to determine the level of user satisfaction. In addition, to improve the usability of a website, website performance testing was performed using automatic tools. The result of this research find that the quality of website services is influenced by the content on the website. The result of CSI analysis on the website of state Universities in Bandar Lampung are satisfied with the website service at each state University in Bandar Lampung. Based on the results of the usability evaluation using automatic tools on the website, it is known that the website of state Universities in Bandar Lampung is good enough as evidenced by the page load time value which was less the three seconds.
Keywords: Quality of Website Service, WebQual, CSI, Usability
Penelitian ini mengkaji kualitas layanan pada enam website universitas negeri di Bandar Lampung dengan menggunakan metode Webqual yang merujuk pada 3 hal yaitu – website usability, kualitas informasi dan kualitas interaksi website. Kepuasan pengguna diukur menggunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI). Untuk meningkatkan website usability dilakukan website performance tes menggunakan alat otomatis. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan kualitas layanan website dipengaruhi oleh konten website. Sedangkan hasil Analisa CSI pada website universitas negeri di Bandar Lampung adalah memuaskan untuk setiap website universitas tersebut. Berdasarkan hasil evaluasi usability, website universitas negri di Bandar Lampung menunjukkan sudah cukup baik dengan waktu load halaman kurang dari tiga detik.
Kata Kunci: Kualitas Layanan Website, WebQual, CSI, Usability
Full Text:
PDFReferences
Napitupulu, D. B., “Evaluasi Kualitas Website Universitas XYZ Dengan Pendekata Webqual (Evaluation of XYZ University Website Quality Based on Webqual Approach)”, Buletin Pos Dan Telekomunikasi, 14(1), 51, 2016.
Budi, R. F., “Pengaruh Kualitas Web Terhadap Tingkat Kepuasan Penggunaan Google Scholar (Studi Pada Mahasiswa Unair Sebagai Penunjang Kegiatan Akademis)”, Libri-Net, 2(1), 1–20, 2013.
Imam, A., “Rancang Bangun Penilaian Kualitas Website Untuk Mengukur GAP Kualitas Antara Harapan Dan Persepsi Pengguna (Studi Kasus Analisa GAP Kualitas di Website www.polinela.ac.id)”, Masters Thesis, Universitas Diponegoro, 2012.
Sibyan, H., Soedijono, B. W. A., & Sofyan, A. F., “Pengukuran Kualitas Layanan Website Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer UNSIQ Wonosobo”, PPKM III, 174–184, 2016.
Maiyanti, S. I., “Aplied Customer Satisfaction Index (CSI) and Importance- Performance Analysis (IPA) to know Student Satisfaction Level of Sriwijaya University Library Services”, Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Malang, 7–18, 2010.
Hanifah, R., “Perangkingan Usability Website menggunakan Metode Multiple Criteria Decision Analisys”, TICOM, 5(1), 7–15, 2016.
Rahmadaniaty, N., Masniari, R., & Arnita, “Penerapan metode SEM dalam menentukan pengaruh kepuasan, kepercayaan dan mutu terhadap kesetiaan pasien rawat jalan dalam memanfaatkan pelayanan rumah sakit di RSUD Dr. Pirngadi Medan”, Jurnal Kebijakan, Promosi Kesehatan, Dan Biostatistik, 2(1), 1–10, 2013.
Hussein, A. S., “Penelitian Bisnis dan Manajemen Menggunakan Partial Least Squares (PLS) dengan SmartPLS 3.0.”, Modul Ajar, 1–29, 2015.
Alfidella, S., Kusumo, D. S., & Suwawi, D. D. J., “Pengukuran Usability I-Caring Berbasis ISO 9241-11 Dengan Menggunakan Partial Least Square (PLS)” eProceedings of Engineering, 2(1), 1747–1735, 2015.
Haryani, P., “Evaluasi Kualitas Layanan E-Government Pemerintah Kota Yogyakarta Dengan Metode E-Govqual Modifikasi”, Simposium Nasional RAPI XV, 379–386, 2016.
Mahardika, S. A. T., Santoso, I., & Silalahi, R. L. R., “Penilaian Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Susu Pasteurisasi Kop Sae Pujon (Studi Kasus Pada Koperasi Susu Sae Pujon)”, Industria, 4(1), 10–20, 2015.
Hekhmatyar, O. G., & Supriyadi, D., “Measurement Satisfaction Information System Quality Service On BSI Using Webqual And CSI”, Indonesian Jurnal on Computer and Information Technology, 2(2), 1–6, 2017.
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/klik.v7i1.303
Copyright (c) 2020 KLIK - KUMPULAN JURNAL ILMU KOMPUTER
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats