IMPLEMENTASI TEKNOLOGI GAME DRESS-UP BERBASIS ANDROID

Yunda Heningtyas, Astria Hijriani, Rahmi Permata Hati, Akmal Junaidi

Abstract


Fashion is a way for women to express themselves in social life. Women who know their body shape can determine the appropriate clothes to enhance the beauty of their appearance. However, not all women understand their body shape. Women have five types of body shapes with their respective advantages and disadvantages. Dress-Up Game is a simulation game that explains the characteristics of a woman's body shape with 2-dimensional images. This game also provides a model of clothing that suits body shape. The dress-Up game is made using the Multimedia Development Life Cycle (MDLC) method and is operated on the Android platform. This Dress-Up game aims to help women understand clothes that suit their body shape.

Keywords: android, body shape, Dress-Up, game simulation

Fashion merupakan salah satu cara wanita untuk mengekspresikan diri dalam kehidupan sosial. Wanita yang mengetahui bentuk tubuhnya dapat menentukan pakaian yang sesuai sehingga meningkatkan keindahan dari penampilannya, Namun, tidak semua wanita memahami bentuk tubuh mereka. Wanita memiliki 5 jenis bentuk tubuh dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Game Dress-Up merupakan game simulasi yang menjelaskan ciri-ciri bentuk tubuh wanita disertai gambar 2 dimensi. Game ini juga menyediakan model pakaian yang sesuai dengan bentuk tubuh. Game Dress-Up dibuat menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dan dioperasikan platform Android. Game Dress-Up ini bertujuan untuk membantu wanita dalam memahami pakaian yang sesuai dengan bentuk tubuh.

Kata kunci: android, bentuk tubuh, Dress-Up, game simulasi


Full Text:

PDF

References


N. M. Djatmiko, B. B. Tanudjaja, and B. Suryo, “Perancangan Panduan Memilih Pakaian Sesuai Bentuk Tubuh Bagi Remaja Putri Usia 12-17 Tahun,” pp. 1–11, 2013.

C. B. P. Birastuti and F. Yasin, “Pembuatan Game Edukasi Tuntunan Sholat Fardhu untuk Anak Berbasis Android,” Emit. J. Tek. Elektro, vol. 19, no. 2, pp. 46–53, 2019, doi: 10.23917/emitor.v19i2.6346.

C. Agustina and T. Wahyudi, “Aplikasi Game Pendidikan Berbasis Android Untuk Memperkenalkan Pakaian Adat Indonesia,” IJSE – Indones. J. Softw. Eng. Apl., vol. 1, no. 1, p. 8, 2015, doi: 10.16429/j.1009-7848.2015.05.005.

I. Binanto, Multimedia Digital - Dasar Teori dan Pengembangannya. Jogyakarta: CV. Andi Offset, 2010.

I. Rohmawati, S. Sudargo, and I. Menarianti, “Pengembangan Game Edukasi Tentang Budaya Nusantara ‘Tanara’ Menggunakan Unity 3D Berbasis Android,” J. SITECH Sist. Inf. dan Teknol., vol. 2, no. 2, pp. 173–184, 2019, doi: 10.24176/sitech.v2i2.3907.

M. Sholeh, R. Y. Rachmawati, and E. Susanti, “Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Membuat Konten Gambar Pada Media Sosial Sebagai Upaya Mempromosikan Hasil Produk Ukm,” SELAPARANG J. Pengabdi. Masy. Berkemajuan, vol. 4, no. 1, p. 430, 2020, doi: 10.31764/jpmb.v4i1.2983.

R. Rahmatullah, I. Inanna, and A. T. Ampa, “Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva,” J. Pendidik. Ekon. Undiksha, vol. 12, no. 2, pp. 317–327, 2020.

R. Nuqisari and E. Sudarmilah, “Pembuatan Game Edukasi Tata Surya Dengan Construct 2 Berbasis Android,” Emit. J. Tek. Elektro, vol. 19, no. 2, pp. 86–92, 2019, doi: 10.23917/emitor.v19i2.7987.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/klik.v9i2.478

Copyright (c) 2022 KLIK - KUMPULAN JURNAL ILMU KOMPUTER

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Indexed by:

  
 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.joomla
counter View My Stats